Minggu, 11 September 2011

social marketing

Pemasaran sosial merupakan aplikasi sistematis pemasaran, bersama dengan konsep lain dan teknik, untuk mencapai tujuan perilaku tertentu untuk barang sosial[1] Pemasaran sosial dapat diterapkan untuk mempromosikan barang jasa, atau untuk membuat masyarakat menghindari barang cela dan dengan demikian untuk.mempromosikan masyarakat yang kesejahteraan secara keseluruhan. Misalnya, ini mungkin termasuk meminta orang untuk tidak merokok di tempat umum, meminta mereka untuk menggunakan sabuk pengaman, atau mendorong untuk membuat mereka mengikuti batas kecepatan.
Meskipun "pemasaran sosial" kadang-kadang terlihat hanya sebagaimenggunakan praktik standar pemasaran komersial untuk mencapai tujuan non-komersial, ini merupakan penyederhanaan berlebihan.
Tujuan utama dari pemasaran sosial adalah "baik sosial", sedangkan dalam"pemasaran komersial" adalah tujuannya terutama "keuangan". Ini tidak berartibahwa pemasar komersial tidak dapat berkontribusi pada pencapaian baik sosial.
Semakin, pemasaran sosial sedang digambarkan memiliki "dua orang tua"-a "orangtua sosial" = ilmu sosial dan kebijakan sosial, dan "orang tua pemasaran" =pendekatan sektor komersial dan publik pemasaran.
Dimulai pada 1950-an ketika Weibe bertanya "Mengapa kau tidak bisa menjualpersaudaraan dan berpikir rasional seperti Anda dapat menjual sabun?", Ia memiliki dalam dua dekade terakhir matang menjadi suatu disiplin jauh lebihintegratif dan inklusif yang mengacu pada berbagai sosial ilmu dan pendekatan kebijakan sosial serta pemasaran.
Shaklee Coorporation, yang merintis pemasaran sosial lebih dari 50 tahun lalu, telah merek dagang "Pemasaran Sosial." Jangka [2]
Pemasaran sosial tidak harus bingung dengan pemasaran media sosial.

Jenis pemasaran sosial
Pemasaran sosial menggunakan manfaat dan berbuat baik sosial untuk mengamankan dan mempertahankan keterlibatan pelanggan. Dalam pemasaran sosial fitur yang membedakan adalah karena itu "fokus utama pada baik sosial, dan bukan hasil sekunder. Tidak semua sektor publik dan bukan nirlaba pemasaran adalah pemasaran sosial.
Badan-badan sektor publik dapat menggunakan pendekatan pemasaran standar untuk meningkatkan promosi layanan yang relevan dan tujuan organisasi. Ini dapat sangat penting, tetapi tidak harus bingung dengan pemasaran sosial dimana fokusnya adalah pada pencapaian tujuan perilaku tertentu dengan khalayak tertentu dalam kaitannya dengan topik yang berbeda relevan dengan sosial yang baik (misalnya: kesehatan, keberlanjutan, daur ulang, dll). Sebagai contoh, sebuah 3-bulan kampanye pemasaran untuk mendorong orang untuk mendapatkan vaksin H1N1 lebih taktis di alam dan tidak boleh dianggap pemasaran sosial. Sedangkan kampanye yang mempromosikan dan mengingatkan orang untuk mendapatkan pemeriksaan rutin dan semua vaksinasi mereka ketika mereka seharusnya mendorong perubahan jangka panjang perilaku yang menguntungkan masyarakat.Oleh karena itu dapat dianggap pemasaran sosial.
Sebagai garis pemisah jarang jelas adalah penting untuk tidak membingungkan pemasaran sosial dengan pemasaran komersial.
Seorang pemasar komersial menjual produk hanya dapat berusaha untuk mempengaruhi pembeli untuk melakukan pembelian produk.
Pemasar sosial, berhubungan dengan tujuan seperti mengurangi merokok atau mendorong penggunaan kondom, memiliki tujuan yang lebih sulit: untuk membuat perubahan perilaku yang berpotensi sulit dan jangka panjang pada populasi target.
Hal ini kadang-kadang merasa bahwa pemasaran sosial terbatas pada spektrum tertentu client-organisasi non-profit, kelompok layanan kesehatan, lembaga pemerintah.
Ini sering adalah klien lembaga pemasaran sosial, namun tujuan merangsang perubahan sosial tidak terbatas pada organisasi amal pemerintah atau non-profit; dapat dikatakan bahwa perusahaan PR upaya seperti dana untuk seni adalah contoh dari pemasaran sosial .
Pemasaran sosial tidak harus bingung dengan Konsep Pemasaran Masyarakat yang merupakan pelopor dari pemasaran yang berkelanjutan dalam mengintegrasikan isu-isu tanggung jawab sosial ke dalam strategi pemasaran komersial. Berbeda dengan itu, pemasaran sosial menggunakan teori-teori pemasaran komersial, alat dan teknik untuk isu-isu sosial.
Pemasaran sosial menerapkan "berorientasi pelanggan" pendekatan dan menggunakan konsep-konsep dan peralatan yang digunakan oleh pemasar komersial dalam mengejar tujuan sosial seperti Anti-Merokok-Kampanye atau dana bagi LSM.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger