Rabu, 28 Desember 2011

PERBEDAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 1994 dan 2004

NAMA : MOHAMAD GARDEA NUGRAHA
NIM      : 0906672
Jur/Fak : PLS(09)/ Fip
M.Kul       : Teknologi Pembelajaran

Definisi Teknologi Pendidikan Tahun 1994 dan 2004
Definisi Teknologi Pendidikan Tahun 1994
Berdasarkan definisi 1994, Teknologi Pembelajaran adalah ; Teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan dan penilaian proses dan sumber untuk belajar. Komponen definisinya adalah : teori dan praktek desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber untuk keperluan belajar.
Definisi baru Tahun 1994 disusun atas dasar hal-hal yang telah dugunakan sebelumnya, dengan menyepakati apa kesamaan tentang bidang dan cakupannnya, serta menunjukan bagian mana yang masih memerlukan riset. Oleh karena itu, difinisi ini bersifatstipulative (kesepakatan) dengan implikasi programmatic (programatik) yang diharapkan dapat melayani kebutuhan berkomunuikasi.
Asumsi dasar penyusunan definisi tahun 1994 sebagai berikut:
·         Teknologi pembelajaran telah berkembang dari suatu gerakan menjadi suatu bidang dan profesi. Karena profesi menyangkut pengetahuan yang menjadi landasannya, definisi tahun 1994 harus menindentifikasi serta menekankan teknologi pembelajaran sebagai sutau bidang studi mapun praktek, sedangkan definisi tahun 1977 lebih memberikan penekanan pada peran para praktisi.
·         Definisi yang disempurnakan harus mencakup semua wilayah kegiatan kaum ilmuwan maupun praktisi. Wilayah ini merupakan kawasan bidang garapan.
·         Proses maupun produk sangatlah penting dalam bidang. Karena keduanya harus tercermin dalam definisi.
·          Hal-hal kecil yang sulit dimengerti atau di kenali oleh kaum profesi Teknologi Pembelajaran berikut uraian penjelasannya harus dihapus dari definisi.

Definisi Teknologi Pendidikan Tahun 1994 Menurut AECT
Teknologi pendidikan telah berkembang dari tahun ke tahun. Setelah tahun 1994 meluncurkan definisi terbaru, kini tahun 2004, AECT merilis definisi terbaru lagi. 
Adapun definisi menurut AECT 2004 ( AECT Definition and Terminologi Committee) definisi terknologi pendidikan terbaru adalah Educational technology  is the study and ethical practice of facilitating learning and improving performance by creating, using, and managing appropriate technological processes and resources.  Yang dalam bahasa kita (Indonesia) artinya sebagai berikut Teknologi Pembelajaran adalah studi dan etika praktek untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengaturan proses dan sumber daya teknologi
Definisi ini mengandung beberapa elemen kunci,yaitu :
·         Studi. Pemahaman teoritis, sebagaimana dalam praktek teknologi pendidikan memerlukan konstruksi dan perbaikan pengetahuan yang berkelanjutan melalui penelitian dan refleksi praktek, yang tercakup dalam istilah studi.
·         Etika Praktek. Mengacu kepada standard etika praktis sebagaimana didefinisikan oleh Komite Etika AECT mengenai apa yang harus dilakukan oleh praktisi Teknologi Pendidikan.
·         Fasilitasi. Pergeseran paradigma kearah kepemilikan dan tanggung jawab pembelajar yang lebih besar telah merubah peran teknologi dari pengontrol menjadi pem-fasilitasi.
·         Pembelajaran. Pengertian pembelajaran saat ini sudah berubah dari beberapa puluh tahun yang lalu. Pembelajaran selain berkenaan dengan ingatan juga berkenaan dengan pemahaman.
·         Peningkatan. Peningkatan berkenaan dengan perbaikan produk, yang menyebabkan pembelajaran lebih efektif, perubahan dalam kapabilitas, yang membawa dampak pada aplikasi dunia nyata.
·         Kinerja. Kinerja berkenaan dengan kesanggupan pembelajar untuk menggunakan dan mengaplikasikan kemampuan yang baru didapatkannya.



Perbedaan Teknologi Pendidikan Tahun 1994 dan 2004
NO
1994
2004
1
Menekankan pada teori dan praktek
Menekankan pada Studi dan etika praktek
2
Pokok kegiatan adalah desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan,dan penilaian
Penciptaan, pengaturan, dan penggunaan
3
Tujuan untuk keperluan belajar
Tujuan memfasilitasi pembelajaran
4
Utilisasi proses & sumber belajar
Utilisasi proses & sumber daya teknologi


Sumber :

2 komentar:

Smart Club Indonesia mengatakan...

hehehheee aku ngutip ya .......

Pendidikan Teknologi Informasi mengatakan...

Bermanfaatt

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger